Sabtu, 15 Juli 2017

Resep Bubur Ase Betawi Asli Enak

Resep Bubur Ase Betawi Asli Enak – Bubur Ase merupakan masakan ciri khas Betawi. Bubur ini unik sebab disini bubur nasi dihidangkan oleh semur daging sapi serta kentang dan asinan sayur, sebelumnya di beri taburan kerupuk merah. Dapat dipikirkan misal apa rasa enaknya, apa bila gurihnya bubur berpadu oleh manisnya semur serta asamnya asinan. Supaya makin mantap, bubur ase umumnya di nikmati dengan sambal cabai merah. Uniknya sekali lagi, bubur ase malah enak saat disantap dalam kondisi dingin, bukanlah selanjutnya waktu tetap hangat misal bubur yang lain. Bubur ase pernah berjaya serta ramai dijajakan beberapa pedagang di th. 80-an. Waktu itu bubur ase tetap terkenal yang menjadi menu sarapan serta menu pengiring di event kebiasaan Betawi.

Tetapi lama kelamaan, rupanya bubur ase jadi kalah terkenal dibanding oleh Bubur Ayam Cirebon atau Bubur Ayam Sukabumi yang makin disukai orang Jakarta. Mungkin saja pula sebab warnanya yang relatif gelap, hasil kombinasi bubur nasi oleh semur, maka penampilannya jadi belum impresif dibanding bubur selanjutnya biasanya yang di kenal orang zaman saat ini. Baru-baru ini bubur ase malahan telah nyaris tidak di kenal sekali lagi di Jakarta sebab penjual bubur ase telah tidak sering terdapat. Bubur ase cuma dapat di nikmati orang-orang waktu moment atau pameran spesifik misal Jakarta Fair. Tidak heran apa bila beberapa pendatang di Jakarta biasanya tak mengetahui bubur ase, namun famili Betawi turun temurun umumnya tetap mengetahui oleh elegan bubur ini. Nah, untuk Kalian yang berminat kepada bikinnya, mari lihat resep sedetailnya di bawah ini ini, tetapi dalam resep ini semurnya tak memakai daging sapi namun daging ayam :



Resep Bubur Ase Betawi Enak


Bahan bubur nasi :

Santan sejumlah 1 Cup
Beras sejumlah 1 Cup (bersihkan serta rendam semalaman)
Seperlunya garam
Seperlunya air

Bahan semur :

Kentang sejumlah 2 buah, kupas serta potong sesuai sama selera sebelumnya digoreng
Dada ayam sejumlah 1/2, rebus oleh sedikit garam sebelumnya goreng serta suwir-suwir
Seperlunya kecap manis
Seperlunya garam
Air kaldu sisa merebus ayam
Cengkeh sejumlah 1 butir
Minyak goreng kepada menumis

Bumbu halus semur :

Cabai merah besar sejumlah 1 buah
Jahe sejumlah 1 cm
Bawang merah sejumlah 6 butir
Bawang putih sejumlah 4 siung
Pala bubuk sejumlah 1/4 sdt
Ketumbar yang sudah disangrai sejumlah 1/2 sdt
Merica bubuk sejumlah 1/2 sdt

Bahan asinan betawi :

Lobak sejumlah 1/2 buah, serut memanjang atau potong-potong sesuai sama selera
Mentimun sejumlah 1 buah, serut daging buahnya memanjang atau potong-potong sesuai sama selera
Daun kol berukuran kecil 1/4 buah, irislah halus
Wortel sejumlah 1 buah, serut memanjang atau potong-potong sesuai sama selera
Garam sejumlah 1/2 sdt
Gula pasir sejumlah 2 sdt
Cuka kwalitas keren sejumlah 1 sdt

Pelengkap bubur :

Seperlunya daun bawang, iris halus
Seperlunya emping goreng
Seperlunya kerupuk merah
Seperlunya bawang goreng
Seperlunya kacang tanah goreng

Langkah menjadikan Bubur Ase Betawi Asli

Sediakan dahulu bubur nasinya, langkahnya yakni : masukan beras kedalam panci sebelumnya berikan air seperlunya serta masak sembari diaduk-aduk. Apabila jadi kering, berikan sekali lagi airnya serta masak selalu sampai beras jadi bubur. Selain itu berikan santan serta bumbui garam, sebelumnya aduk selalu sampai bubur mengental. Angkat serta sisihkan.
Menjadikan semur : Sediakan wajan, berikan minyak goreng seperlunya, serta pakai kepada menumis bumbu halus hingga harum. Sesudah harum berikan air kaldu, kecap, cengkih serta garam, aduk rata sebelumnya cicipi serta koreksi rasa-rasanya. Sesudah cocok rasa-rasanya sebelumnya berikan ayam yang telah disuwir serta kentang, masak selalu sampai airnya sedikit surut serta bumbu meresap.
Selain itu menjadikan asinan betawi : Masukan semuanya bahan asinan dalam wadah, berikan cuka, gula pasir serta garam, sebelumnya aduk-aduk sampai rata. Selain itu sisihkan, biarlah bumbunya meresap.

Baca juga : Resep Cara Membuat Empal Daging Sapi Lezat Nikmat dan Empuk Khas Sunda

Menghidangkan Bubur Ase :

Sediakan mangkok saji, isi oleh bubur nasi seperlunya, sebelumnya berikan semur ayam serta kentang, pula asinan, sebelumnya taburkan emping goreng, kacang goreng, serta kerupuk merah di atasnya. Bubur Ase siap di nikmati.

Related Posts

Resep Bubur Ase Betawi Asli Enak
4/ 5
Oleh