Kamis, 10 Agustus 2017

Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah Nikmat

Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah Nikmat - Baru-baru ini banyak jajanan ala barat yang masuk ke negara kita. Belum juga sekali lagi makanan ringan serta jajanan dalam paket yang oleh mudah sekali di temui di warung warung dekat tempat tinggal serta sekolah. Sepertinya tak semuanya jajanan itu beresiko serta dapat mengganggu kesehatan anak anak kita. Namun jika rekan rekan mempunya rasa kecemasan ternadap kwalitas camilan serta jajanan itu, kenapa kita tak menjadikan sendiri saja jajanan kepada anak anak kita, misal contoh Resep Kue Klepon oleh isi Gula Merah Jawa yang manis. Terdapat dua macam-macam type kue ini, yakni Klepon Ketan serta Kue Klepon Ubi.

Resep Kue Klepon adalah satu diantara jajanan asli Tanah air yang telah lumayan populer nyaris di seantero nusantara. Tak cuma anak anak saja yang suka pada kue hijau berupa bola bola kecil oleh cover parutan kelapa di kulit luarnya, orang dewasa malahan lansia juga begitu suka pada kue ini. Terkecuali rasa manis didalam nya, rasa gurih di kuliat luarnya pula jadikan satu diantara jajanan pasaran ini begitu populer di negara kita. Selanjutnya biasanya sepertinya banyak di dari kita yang unggul suka kepada beli jajanan ini di pasaran atau toko kue di dekat kita. Namun bila rekan rekan miliki sedikit waktu senggang dirumah, mengapa kita tak coba kepada menjadikan sendiri Resep Klepon Ketan ini dirumah.



Sepertinya terdapat dua macam-macam type resep kue ini yang di kenal dalam orang-orang, yakni Resep Klepon Ketan serta Resep Klepon ubi. Namun kepada kesempatan ini saya juga akan mengajak rekan rekan kepada belajar menjadikan Klepon Ketan oleh isi Gula Merah Jawa. Terkecuali langkah menjadikan nya lumayan gampang, bahan bahan yang dibutuhkannya juga oleh gampang kita dapat beli di warung warung atau mini mart dekat tempat tinggal kita. Terkecuali unggul berhemat, oleh menjadikan sendiri kita dapat meyakinkan yang menjelaskan kue yang dibuat kelak tak memiliki kandungan bahan bahan beresiko serta tak memakai pewarna kimia yang dapat menggangu kesehatan anggota famili. Kepada unggul tuturnya, silakan melanjutkan detrail bahan serta langkah bikinnya dibawah.

Bahan bahan Resep Klepon Ketan Gula Merah

  • Tepung Beras oleh kwalitas keren sejumlah 50 gr. Baiknya pakai merk favorite yang telah lumayan populer agar akhirnya enak.
  • Pasta Hijau Pandan sejumlah belum unggul 2 sendok kecil atau sendok teh.
  • Tepung ketan halus sejumlah 250 gr. Unggul elegan di ayak dulu agar akhirnya kelak lembut.
  • Gula Merah Jawa sejumlah 190 gr hingga 220 gr. Irislah tidak tebal tipis agar kelak gampang dimasukkan kedalam adoanan kue klepon nya kelak.
  • Garam Ruang halus beryodium sejumlah seperempat sendok kecil atau sendok teh.
  • Air bersih masak sejumlah 280 ml. gr. Dapat ditambahkan atau dikurangi hingga adonan cocok.
  • Daun pandan fresh sejumlah 1 lembar. Bersihkan bersih dulu sebelumnya di pakai.
  • kapur sirih sejumlah seperempat sendok kecil serta air sejumlah 50 ml kepada menjadikan air kapur.
  • 1/2 Buah Kelapa (janganlah sangat tua) serta parut.

Langkah Menjadikan Resep Klepon Ketan Enak

  1. Cara perdana menjadikan air kapurnya. Campur serta endapkan seprempat sendok kapur sirih serta air nya. Ambillah Air Kapurnya sejumlah 2 sendok kecil.
  2. Ambillah satu wadah kepada adonan. Masukan 250 gr Tepung ketan serta
  3. Tepung beras sejumlah 50 gr. Aduk rata ke-2 bahan itu hingga tercampur rata.
  4. Masukan 2 sendok pasta pandan serta air kapur nya. Aduk sebentar.
  5. Masukan air bersih matangnya sedikit untuk sedikit sembari diaduk kedalam adonan tepung diatas. Berikan jika di arasa adonan tetap sangat kental serta sulit di bentuk.
  6. Ambillah adonan di atas serta bentuk misal bola sebelumnya pipihkan. Jumlah adonan silakan sesuai oleh besarnya kue yang kelak juga akan di buat.
  7. Ambillah sedikit irisan gula merah. simpan diatas adoanan pipih diatas serta kemudia bentuk bulatan misal bola. kerjakan sistem ini hingga adonan rsep
  8. Klepon serta hilang ingatan merah jawanya habis.
  9. Panasi air kepada merebus adoannay oleh api tengah kecil. Sesudah api mendidih, masukan satu persatu adonan bentuk apabila di atas ke dalamnya.
  10. Tunggulah hingga adonan melayang-layang didalam air rebusan nya. Tiriskan sebentar sebelumnya sediakan kukusan.
  11. Ambillah satu wadah berukuran tengah serta masukan parutan kelapa, seperempat sendok kecil agram serta daun pandannya. Aduk serta campur hingga rata serta kukus sebentar.
  12. Ambillah kue klepon di atas serta masukan dalam wadah parutan kelapa diatas.
  13. Lumayan gulingkan hingga kulit luarnya tertutup parutan kelapa. Ulangilah sistem ini kepada semuanya kue yang juga akan di buat.
  14. Yakinkan semuanya sektor kulit luar klepon ditutupi kelapa serta sajikan.

Nyatanya tak sangat sulit kan langkah menjadikan Resep Klepon Ketan Isi Gula Merah diatas. Terkecuali unggul menyehatkan, jajanan ini pula pas sekali kepada rekan minum teh atau kopi pada pagi serta sore hari. Tidak cuma itu saja, bila bukanlah kita, siapa sekali lagi yang juga akan melestarikan resep tradisionil nusantara ini. Kepada inspirasi resep kue basah yang beda, silakan coba Resep Dadar Gulung Coklat atau Resep Kue Putu. Selamat coba serta janganlah lupa berbagi pula ya ke famili serta rekan rekan yang beda.

Related Posts

Cara Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah Nikmat
4/ 5
Oleh